Segenap Anggota dan Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo Mengucapkan Selamat Atas Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode Tahun 2014-2019

Berwisata Religi ke Ponpes Khamdaniyah Siwalanpanji Buduran

5 comments

Awal Didirikan, Kayu Bangunan Pondok, Berjalan Diatas Air

Bangunan Pondok Pesantren Yang Kelihatan Seperti Rumah Panggung

Berdiri sekitar tahun 1734, Pondok Pesantren Khamdaniyah merupakan satu satunya pondok tertua di Sidoarjo bahkan di Jawa Timur.

Banyak cerita menarik ketika awal Mbah Khamdani memutuskan untuk mendirikan pondok di kawasan Desa Siwalanpanji yang waktu itu berupa tanah rawa.

Menurut Gus Rokhim pemangku pondok Khamdaniyah yang juga generasi ke tujuh dari Mbah Khamdani, ketika tanah siwalanpani masih berupa tanah rawa, Mbah Khamdani meminta kepada Allah agar tanah rawah ini diangkat kepermukaan untuk dijadikan sebagai kawasan syiar Islam waktu itu.

“Ketika Mbah Kamdani meminta pertolongan kepada Allah itu, tidak berselang lama, tanah yang sebelumnya rawa, tiba-tiba terangkat dan menjadi daratan,” ungkap Gus Rokhim.

Tidak hanya itu, pada awal awal pengerjaan pondok, kayu bangunan pondok yang didatangkan dari cepu melalui jalur laut tiba-tiba pecah dan terserak dan berpencar.

Namun karena pertolongan Allah, kayu-kayu yang semula berpencar ini, bergerak sendiri melalui sungai menuju sungai di seberang kawasan pondok.
“Ada satu kayu yang tersangkut di kawasan Kediri, dan sekarang disebut menjadi kayu cagak Panji,” terang Gus Rokhim lagi.

Selain beberapa cerita religi, Ponpes Khamdaniyah juga tercatat sebagai pondok yang menelurkan nama-nama kyai besar pada jamannya.

Sebut saja, Kyai Cholil Bangkalan, Hadratus Syeh KH Hasyim Ashari, KH As’ad Syamsul Arifin, merupakan sederet ulama besar yang pernah menimba ilmu di Ponpes Khamdaniyah Siwalanpanji ini. (Abidin)


  1. qu alumni panji 1996 yg merasakan berkah belajar di ponpes alhamdaniyah yg waktu itu diasuh 4 pengasuh :
    kh.asy’ari alm
    kh.maksum alm
    kh.mastur alm
    kh. gus.rohim

  2. Menarik banget kisahnya, Kyai2 besar pernah menimba ilmu di pondok ini. Oya letak persisnya Desa Siwalan Panji itu dimana ya bro ?

    • desa siwalan panji kec.buduran,dari setasiun komuter buduran arah ketimur,ada juga [pesantren yang satu rumpun dengan dengan panji ponndok al-khoziny lebih dekat dengan setasiun

  3. subhanalloh ..
    perintis kampungku, jalen, yang juga perintis pesantren pertama di banyuwangi yaitu mbah abdulbasyar adalah murid dari mbah nawawi yang merupakan perintis kampung & pesantren ringinagung di kediri dan mbah nawawi ini dulu merupakan murid langsung dari mbah hamdani. Ternyata ketiga tokoh ini mempunyai banyak kesamaan. semoga Alloh menyinari kubur beliau semua.

  4. Mohon biografinya yai Khozin siwalan panji.

Beri Komentar