Segenap Anggota dan Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo Mengucapkan Selamat Atas Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode Tahun 2014-2019

CPNS Didominasi Dari Sidoarjo

0 comments

Sidoarjo, Bhirawa – Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab Sidoarjo, Drs Ali Sarbini, menyampaikan pelamar yang lolos dalam pengumuman tes tulis CPNS 2010 ini, banyak didominasi dari Sidoarjo sendiri.

Usai memberikan pengarahannya kepada pelamar CPNS yang lolos tes tulis dari formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis, akhir pekan lalu, di Gedung Diklat Sidoarjo. Ali mengatakan, jumlahnya tidak seberapa. Misalnya dari Surabaya, Gresik, Lamongan, Pasuruan, Mojokerto dan Malang. Dan satu orang dari Jakarta.

Menurut Ali, kini banyak orang yang ingin menjadi PNS. Buktinya di Sidoarjo sendiri pelamar CPNS-nya tidak hanya dari Sidoarjo saja. Tetapi juga sampai dari luar daerah. ”Saya harap mereka yang lolos tes tulis, bisa mensyukurinya,” kata Ali.

Dalam penerimaan CPNS 2010 ini, formasi yang dibutuhkan Sidoarjo sebanyak 223. Dalam pengumuman tes tulis kemarin semua formasi terisi. Termasuk formasi yang biasanya sulit seperti dokter spesialis, juga terisi. Sementara itu disampaikan Kasubid Perencanaan dan Informasi BKD Sidoarjo, Supriyanto SStp, para pelamar yang lulus tes tulis masih harus menjalani tes kesehatan. Mereka akan diperiksa kesehatannya baik jasmani maupun rohani.

Tes kesehatan ini, menurut Supri, tidak dipungkiri untuk mengantisipasi jangan sampai kecolongan ada pelamar CPNS yang mengkonsumsi narkoba. Bila sampai ketahuan, maka pelamar itu bisa tidak lolos menjadi CPNS. Pelaksanaan tes kesehatan ini, kata Supri, akan dilakukan di Puskesmas Sidoarjo. Untuk tenaga pendidikan Kamis ( 23/12) kemarin, sedangkan untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis, Senin (27/12).

Setelah menjalani tes kesehatan, pelamar yang lolos tes ini akan menjalani proses pemberkasan. Untuk tenaga pendidikan, Selasa (28/12), sedangkan tenaga kesehatan dan tenaga teknis, Rabu (29/12). Pelaksanaan akan dilakukan di Kantor BKD Sidoarjo Jl Jaksa Agung Suprapto. Para CPNS ini diperkirakan akan mulai bekerja sekitar bulan April 2011.

Supri menyampaikan, dalam tes tulis kemarin, pelamar CPNS yang lolos rata-rata banyak yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk tenaga pendidikan, sekitar 54%, sedangkan untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis sekitar 56%.

Kab Sidoarjo memang selektif dalam penerimaan CPNS. Panitia penerimaan menetapkan syarat IPK (Indeks Prestasi Komulatif) yang tinggi kepada calon pelamar. Untuk perguruan tinggi dengan akreditasi A, IPK-nya minimal harus 2,75. Sedangkan akreditasi lainnya harus 3,00. Dengan seleksi ketat ini, banyak pelamar CPNS yang tidak lolos administrasinya, karena dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). [ali]


Beri Komentar