Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

Dispendik Berusaha Percepat Tunjungan Guru

10 comments

Masih Terkendala Permenkeu

Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo akan berupaya mempercepat proses dokumen pendukung untuk mempelancar pencairan tunjangan profesi 2010 bagi guru bersertifikasi. Sejauh belum cair karena kendala Permenkeu No 101 tahun 2010 yang harus mensyaratkan berbagai aturan.

Kadiknas Sidoarjo - Ir. Agoes Budi, M.MT

Di antaranya, foto copy surat keputusan tunjangan profesi pendidik (SK TPP). Padahal, SK TPP bukan secara individu diberikan kepada guru bersertifikasi. Melainkan secara kolektif dibawa oleh Dispendik Sidoarjo. Kepala Dispendik Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono mengakui, SK TPP asli hanya dimiliki oleh Dispendik. Isi dari SK TPP itu berupa daftar ribuan guru yang namanya tercantum di dalam SK TPP. “Oleh karena itu Dispendik akan berusaha untuk membuat kendala tersebut tuntas,” tegasnya.

Agoes mengungkapkan, setiap guru bersertifikasi akan diberikan foto copy yang namanya akan di tebali untuk memperjelas hak milik SK TPP tersebut. “Jumlahnya mencapai ribuan dan harus teliti untuk memberikan. Dikarenakan tidak mungkin SK TPP tersebut hanya diberikan pada satu orang,” ucapnya.

Kabid Tenaga Pendidik dan Kependidikan (PTK) Dispendik Sidoarjo M Khusaini menambahkan, selama awal 2010 tunjangan sertifikasi guru memang belum diberikan karena Permenkeu yang baru. “Syarat dan ketentuan yang mendukung percepatan pembayaran tunjangan guru sertifikasi memang harus dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, pada 2010 ini sebanyak 1.441 guru PNS dan non PNS telah terdaftar menjadi peserta sertifikasi. Sejumlah 956 sudah masuk dalam tahap forto folio sedangkan siasanya proses diklat pendidikan latihan profesi guru (PLPG). Dia menjelaskan, daftar dari guru sertifikasi itu selanjutnya akan diberikan SKTPP yang akan diferivikasi oleh Dirjen Dikti.

Ada peningkatan jumlah guru sertifikasi PNS dan non-PNS dibandingkan 2009 yang hanya mencapai 1.336. Pada 2009 APBN mencairkan sekitar Rp 97 miliar untuk membayar tunjangan sertifikasi pada guru PNS.

(Sumber : Koran Radar Surabaya “vga”)


  1. kapan sertifikasi guru sidoarjo cair?? mn tanggung jawabnya??
    lihat nasib guru…jangan melihat nasib sendiri. tolong jangan prmainkan kami…berikan kami kepercayaan…atau selamanya tidak akan prnah percaya sama sekali. trim’s

  2. kapan tunjangan sertifikasi guru 2009 jalur depag cair? mohon penjelasan kemenag sidoarjo!!

  3. kapan kekurangan satu bulan tpp guru dibayarkan? Mengapa hanya guru SD yang enam bulan, padahal mestinya 7 bulan .

  4. sertifikasi yang 2009 jalur Diknas sudah cair mulai 2010, sedangkan jalur DEPAG sampai sekarang belum jelas juga. Bukankah anggaran daerah sudah ada jatah untuk pendidikan. kenapa penanganannya tidak maksima??? ini nasib 900 orang lebih bukan cm 1 atau 2 orang sj

  5. kenapa sih sertifikasi 2009 jalur DEPAG kok tidak segera dicairkan semakin mundur kita dapat apa dong????banyak orang yang menunggu

  6. para pejabat kemenag kabupaten, provinsi dan pusat …. tolong perjuangkan nasib guru sidoarjo yg sudah lulus sertifikasi tapi belum cair……….Ya Allah mudahkan lah urusan para pejabat di atas……………..

  7. bapak DPR dan Bupati Sidoarjo kapan tunjangan insentif untuk guru MI cair? Yang ikut dinas udah cair lagi-lagi nasib kami yg ikut Kemenag jadi korban para penguasa……walaupun ratusan sangat berarti bagi kami para guru swasta pinggiran yg menunggu gaji 3 bulan sekali.

  8. Assalamualaikum… ada apa dengan kami…. lulus sertifikasi 2009 di lingkungan kemenag sidoarjo sampai detik ini belum ada tunjangan…. ada apa? tolong perjuangkan nasib kami para guru swasta dengan gaji ala kadarnya berharap ada tunjangan sertifikasi tapi sementara ini hanya angan-angan saja………..

  9. Kabar TPP tahun 2010 kok masih ditayangkan yang 2011 dan belum cair bagaimana kabarnya, surabaya sdh berminggu-minggu yang lalu cair, sidoarjo?

Beri Komentar