Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

DKP Siap Gelontor Dana PUMP untuk Petambak

0 comments

Kepala Bidang Hayati DKP Sidoarjo - Ir . H. Bahruni MM,

SIDOARJO (wartajenggala.com) – Tak lama lagi, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sidoarjo segera mengucurkan dana bantuan bagi para petani tambak di Sidoarjo. Dana dari Kementrian Kelautan tersebut bernama Dana Pemberdayaan Usaha Mina Politan (PUMP). Dana itu diberikan agar produksi budidaya para petani tambak mampu meningkat signifikan. “Hingga 2014 mendatang kita harapkan produktivitasnya mampu meningkat hingga 353 persen,” kata Kepala Bidang Hayati DKP Sidoarjo Ir H Bahruni MM, Senin (7/3).

Untuk tahun ini, dana PUMP yang bakal dialokasikan ke para petani tambak sebesar Rp 400 juta. Namun, dana itu tidak diberikan kepada perorangan. Melainkan melalui kelompok-kelompok petani tambak dari berbagai komoditas tambak. Rencananya, masing-masing kelompok mendapat kucuran sebesar Rp 100 juta. “Jadi, dana itu akan kita salurkan kepada empat kelompok petani tambak,” jelasnya.

Bagaimana teknis penggunaan dana tersebut? Disampaikan Bahruni, pengelolaannya tergantung Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang dibuat masing-masing kelompok. Karena sifatnya bantuan, dana itu sebenarnya boleh dibagi habis oleh anggota kelompok yang berjumlah antara 10-20 orang. Namun tentunya, akan lebih baik jika dana itu dikelola agar bisa berkembang.

“Karena dana ini sifatnya rangsangan. Kalau berhasil, kita nanti akan berusaha untuk mengakomodirnya di APBD agar menjadi pos rutin. Karena itu kami sangat berharap dukungan dari pihak legislatif, terutama Komisi B. Untuk memastikan dana itu digunakan dengan benar, kita nanti akan mengawal dan memonitor melalui pendampingan yang dilakukan petugas kita di lapangan,” ujar lelaki yang konon bakal dipromosikan sebagai kepala dinas Pemkab tersebut.

Beberapa waktu lalu pihaknya sudah menyosialisasikan ihwal bantuan tersebut kepada para petani tambak. Sedangkan saat ini, tengah dilakukan identifikasi terhadap kelompok-kelompok calon penerima bantuan yang seluruhnya telah mengantongi SK Bupati. Yakni, tiga kelompok petambak air tawar dari Kecamatan Wonoayu, Taman, dan Porong, sedangkan satu kelompok dari Kecamatan Tanggulangin adalah kelompok petani tambak air payau. “Insya Allah dana itu sudah bisa terdistribusi pertengahan Mei mendatang,” ucapnya.

Ia kembali menambahkan, tujuan dikucurkannya dana bantuan itu agar produktivitas budidaya tambak Sidoarjo dapat meningkat signifikan. Diharapkan peningkatannya mampu mencapai 353 persen pada 2014 mendatang. Jika target ini terpenuhi, Sidoarjo akan menjadi salah satu daerah penopang untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara penghasil budidaya ikan. (dedi)


Beri Komentar