Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

Gawat, PMI Sidoarjo Krisis Trombosit

2 comments

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ternyata, libur bersama hari Natal dan tahun baru kemarin lusa menyebabkan jumlah pendonor di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sidoarjo turun drastis. Hal ini mengakibatkan stok darah kehabisan, terutama jenis trombosit.

Kata Kepala UTD PMI Sidoarjo Lukito Pribadi, stok darah jenis trombosit ini habis sejak hari Senin lalu. Kebutuhan permintaan trombosit di PMI Sidoarjo rata-rata mencapai 300 hingga 400 kantong per bulan. “Sementara permintaan semua jenis darah rata-rata 1.400 kantong per bulan,” ujarnya Selasa (4/1/2011).

Selain PMI Surabaya dan Jember, PMI Sidoarjo sebenarnya mampu memproduksi trombosit sendiri. Namun produksi trombosit tetap mengandalkan jumlah pendonor, apalagi darah yang diproduksi menjadi trombosit harus darah segar yang tidak lebih dari empat jam.

Dia menyatakan, libur bersama yang lalu, banyak warga yang berwisata atau pulang ke daerahnya masing-masing sehingga berdampak pada penurunan jumlah pendonor. Akibatnya, PMI Sidoarjo juga tidak bisa memproduksi trombosit karena tidak ada stok darah baru. “Darah jenis trombosit ini biasa diperlukan untuk penderita demam berdarah,” tambahnya.

Diungkapkan, penderita demam berdarah yang parah mengalami penurunan trombosit sehingga perlu diberi bantuan jenis darah ini. “Tapi di luar trombosit, stok darah jenis whole blood masih aman karena saat ini masih tersedia 600 kantong,” terang dia.

Lukito juga menyatakan, darah-darah tersebut biasanya diminta pihak rumah sakit dengan harga berbeda antara rumah sakit swasta dan pemerintah. Harga satu kantong darah untuk rumah sakit pemerintah adalah Rp 180 ribu. Sedangkan untuk rumah sakit swasta adalah Rp 285 ribu.

“Pasca krisis trombosit ini, kami akan intensifkan lagi mengadakan kegiatan donor di luar kantor seperti di mal atau di instansi tertentu,” pungkasnya. [isa/but]


  1. alamat utd pmi sidoarjo dimana ya?
    pengen donor tapi tdk tau tempatnya.
    :-(

    • Sdr. Aviva untuk alamat UTD PMI Sidoarjo di Jalan A Yani, sebelah Utara Kantor Telkom Cabang Sidoarjo…….

Beri Komentar