Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo Ke 155 Dengan semangat hari jadi ke 155 Kabupaten Sidoarjo, kita songsong pesta demokrasi yang aman demi kelanjutan pembangunan menuju Sidoarjo yang sejahtera, mandiri dan berkeadilan

GHIPPA DST Wakil Jatim Ke Tingkat Nasional

0 comments

Sidoarjo, Bhirawa
Setelah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jatim, sebagai Juara I se Jatim pada 3 Desember 2011 lalu.

Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA)

Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) Delta Sapta Tirta (DST) saluran sekunder Cepiples Desa Kemuning, Kec Tarik, Sidoarjo, tahun 2012 ini ditunjuk Gubernur Soekarwo mewakili Jatim maju ke tingkat Nasional.

Kepala PU Dinas Pengairan Sidoarjo, Ir Fatchurrohman MSi, Senin(14/5) menjelaskan GHIPPA DST telah diusulkan Gubernur Jatim, untuk mewakili Provinsi Jatim mengikuti lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Gabungan  Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A)/Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) tingkat Nasional 2012.

Menurut Fatchurrohman, dalam surat Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian lomba akan diselenggarakan pada 27 hingga 30 Mei 2012 di kota Batam, Provinsi Riau.

‘’Jatim akan diwakili Sidoarjo untuk GP3A yaitu GHIPPA DST dengan daerah irigasi Delta Bratas di Kec Tarik, Sidoarjo dan Kab Tuban untuk P3A nya,’’ terangnya.

Kondisi di lapangan kini lebih bagus lagi dari yang dulu. Jadi sangat layak untuk dilombakan ketingkat nasional. Sarana dan prasarananya sudah terpenuhi, termasuk sudah punya kantor sendiri.

‘’Jadi tidak seperti dulu yang masih menumpang di balai desa. Saya sangat optimis bakal menjadi juara di tingkat nasional nanti. Jika nanti berhasil, kami akan mendorong terus kepada masyarakat untuk mengembangkan GHIPPA di kecamatan-kecamatan lain,’’ paparnya.

Fungsinya memang sangat penting, minimal untuk pengairan pertanian di beberapa daerah sekitarnya. Salain itu, nantinya bisa menjadi contoh untuk kecamatan lainnya, atau memotivasi di kecamatan-kecamatan.

Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto SH MM juga pernah mengatakan, kalau tugas di tingkat nasional itu sangat berat. Semoga para pengurus DST bisa melakukan pembenahan terhadap kekurangannya.

Agar di kancah nasional akan bisa bersaing dengan baik. ‘’Kami dari pemerintah hanya mendorong dan memotivasi, supaya mereka lebih semangat, lebih siap lagi, dan siap menjadi juara nasional,’’ katanya.

Seperti diketahui, sebelumnya tim evaluasi dan penilai dari Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi (Bappeprov) Jatim turun langsung ke lokasi melihat keberadaan GHIPPA yang terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Tarik, Sidoarjo.

Hasil penilaiannya, meliputi kelembagaannya, irigasi/pengairan, adminitrasi, keuangan dan pertaniannya. Program GHIPPA itu sendiri merupakan bentuk program pengembangan dan pengelolaan irigasi partisipatif untuk meningkatkan rasa memiliki, dan rasa tanggung jawab para petani.

GHIPPA DST merupakan para kelompok petani pemakai air dari saluran sekunder Cepiples sepanjang 5,4 km, dengan luas layanan sawah sekitar 410 hektare, yang terdiri dari 7 HIPPA, yakni HIPPA Among Tani Desa Tarik, Sumber Rejeki Desa Banjarwungu, Maju Makmur Desa Balongmacekan, Karya Dadi Desa Kemuning, Tani Makmur Desa Kedinding, Tani Rukun Desa Gempol Klutuk, serta Tani Makmur Desa Singogalih. [ach]


Beri Komentar