Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Mohon Maaf Lahir dan Bathin

KAMPANYEKAN PEMANFAATAN AIR SECARA BIJAKSANA

0 comments
SIDOARJO –Hari air sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret diperingati siswa dan pengajar SMKN 1 dengan cara memberi penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya menggunakan air dengan cara bijaksana.
GURU: Sejumlah tenaga pendidik di SMKN 1 Sidoarjo turut membawa pamflet yang berisikan kampanye hemat air.

GURU: Sejumlah tenaga pendidik di SMKN 1 Sidoarjo turut membawa pamflet yang berisikan kampanye hemat air.

Kemarin, mereka membentangkan aneka spanduk di perempatan alun-alun yang berisi himbauan penghematan air. Para siswa dan guru juga terlihat membagikan stiker kepada para penguna jalan.

”Kegiatan kita ini untuk mengingatkan kepada masyarakat agar peduli terhadap penggunaan air,” kata Kepala Sekolah SMKN 1 Sidoarjo, Heru Mursanyoto. Penerapan penghematan air sendiri telah dilakukan di SMKN 1 dengan cara membuat biopori.
Sedikitnya ada 53 titik biopori dengan cara mengebor tanah berdiameter 8 cm dan kedalaman 60 cm. Lubang-lubang itu kemudian dipasang pipa paralon dengan diameter 7 cm.
Tujuannya agar air yang menggenang di permukaan tanah bisa masuk melalui poripori paralon yang berlubang. Di SMKN 1 Sidoarjo biopori juga dimanfaatkan dengan memasukkan sampah-sampah kering agar menjadi pupuk.
”Di sekolah, kita juga membuat resapan yang ada di lapangan. Sedikitnya ada empat resapan,” terusnya. SMKN 1 juga melakukan penghematan air limbah dari masjid. Air wudlu yang dulunya dibuang melalui selokan sekarang ditampung ke tanki dan disaring.
Airnya dimanfaatkan untuk menyiram tanaman di lingkungan sekolah. Semua ini dilakukan untuk mencegah pembuangan air secara percuma dan melatih pada anak didik agar bisa memanfaatkan air seoptimal mungkin. (sat/jee)

Beri Komentar