Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

Kembangkan Minapolitan dan Kawasan Pesisir

0 comments

Isu Strategis RPJP 2005-2025

STRATEGIS: Salah satu kawasan hutan mangrove di pesisir Sidoarjo yang perlu dilestarikan

SIDOARJO – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo merilis tiga isu strategis. Ketiga isu itu akan dimasukkan dalam usulan revisi Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Sidoarjo 2005-2025.

Ketiga bidang itu meliputi ekonomi, permukiman dan prasarana wilayah, serta kesejahteraan rakyat dan kemasyarakatan. Untuk bidang ekonomi, isu pengembangan kabupaten minapolitan mencuat dalam pertemuan yang digelar Bappeda, unsur per- guruan tinggi, LSM, dan perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Untuk bidang ekonomi, isu strategis yang muncul adalah pengembangan minapolitan, penataan kawasan pesisir, serta pengembangan wirausaha,” ujar Kepala Bappekab Sidoarjo Sulaksono, kemarin.

Dari isu ekonomi itu, muncul usulan pengembangan kluster-kluster dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat. Adapun bidang permukiman dan prasarana wilayah, Sulaksono menyebut isu kerusakan lingkungan dan penebangan liar hutan mangrove.

Sebab, akhir-akhir ini masih saja dijumpai pembakalan hutan bakau di kawasan pesisir. Isu lain yang tak kalah penting adalah sistem jaringan angkutan yang layak dan kerusakan jalan karena pembebanan berlebih. Pengelolaan sampah terintegrasi pun ditekankan dalam RPJP.

“Saat ini kita masih kurang ruang terbuka hijau,” katanya. Seperti diberitakan, RPJP Sidoarjo 2005-2025 bakal direvisi untuk mengakomodasi isu-isu mutakhir yang terlupakan.

Sebelum usulan revisi diserahkan ke dewan, Bappeda meminta masukan ke beberapa elemen masyarakat mulai dari LSM, perguruan  tinggi, hingga perwakilanSKPD di lingkup Pemkab Sidoarjo. (rud/rek)


Beri Komentar