Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

Ketua DPRD Berharap Eksekutif Lebih Efisiensi Anggaran Mendatang

0 comments

Pembukaan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten 2010, dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2011 Kab Sidoarjo kemarin (30/3) siang mendapat masukkan dari ketua dewan.

Ketua DPRD Sidoarjo, Dawud Budi Sutrisno SH MHum

Ketua DPRD Sidoarjo, Dawud Budi Sutrisno SH MHum berharap kepada eksekutif sebagai pelaku kebijakan, agar melakukan efisiensi anggaran sehemat mungkin. Sembari memberikan contoh soal KTP. KTP ini menurutnya bisa berfungsi dalam segala hal, bisa untuk mendata permasalahan Pilkada, untuk absensi serta identitas yang lain. ”Jadi tidak semua kantor-kantor terdapat alat absensi yang menggunakan telunjuk jari, kalau menurut saya hal itu sangat kurang efisien,” harap politikus dari Demokrat.

Selain itu, untuk mengatasi keruwetan soal warga miskin yang mendapatkan fasilitas perawatan gratis, kita selalu diributkan soal SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari kelurahan. Pak Dawud, panggilan akrabnya, menggambarkan pelayanan kesehatan yang dibiayai pemerintah, jadi istilahnya bukan gratis tapi dibiayai pemerintah.

Dawud mencontohkan, di wilayah Jembrana Bali setiap ada warganya yang sakit langsung melapor ke kelurahan kemudian lurahnya menghubungi RS, tidak begitu lama langsung datang mobil ambulan menjemput pasien itu. Begitu juga sebaliknya, setelah pasien sembuh, dikembalikan lagi ke rumahnya. ”Jadi RS tidak diributkan oleh SKTM-SKTM yang tidak jelas, ada warga yang mampu tetapi bisa mendapatkan SKTM, sementara yang tidak mampu betul, malah tidak mendapat SKTM,” katanya.

Selain itu, Dawud juga berharap agar antara eksekutif dan legislatif bisa bekerjasama dengan baik, pembangunan ke depan harus pas dan selaras, agar nantinya bisa mengurangi kesenjangan antara daerah yang miskin dengan perkotaan.

Dihadapan Muspida, Kepala Dinas, camat dan jajaran yang terkait lainnya Wakil Bupati Syaiful Ilah SH juga mengatakan, dalam rangka Musrenbang ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dijelakan juga, Musrenbang bertujuan untuk mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rangcangan awal RKPD menjadi rancangan akhir. Serta pemutakhiran usulan Renja SKPD tahun anggaran 2011, dan mendapatkan rincian rancangan awal kerangka anggaran dan kerangka regulasi program pembangunan daerah.

”Hasil yang diharapakan diantaranya prioritas program/kegiatan yang pendanaannya melalui RAPBD kabupaten 2011. Dan kesepahaman tentang koordinasi, senergitas, pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan RKPD tahun 2011,” paparnya.

[Sumber : Koran Bhirawa "ach"]


Beri Komentar