Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo Ke 155 Dengan semangat hari jadi ke 155 Kabupaten Sidoarjo, kita songsong pesta demokrasi yang aman demi kelanjutan pembangunan menuju Sidoarjo yang sejahtera, mandiri dan berkeadilan

Kunjungan SBY Bantu Kelompok Tani Rp 100 Juta

0 comments

SIDOARJO – Kado manis didapat dua kelompok tani dari hasil kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Puspa Lebo, Sidoarjo, kemarin (14/1). Mereka mendapat bantuan uang pembinaan dari presiden  senilai Rp 100 juta. Hadiah tersebut diberikan karena hasil tanaman cabai yang dibudidayakan oleh dua kelompok tani tersebut dinilai berhasil.

Koordinator penyuluh tani Sidoarjo Sri Kartiningsih mengatakan, kedua kelompok tani dari Sidokare dan Balongdowo, Kecamatan Candi, tersebut memang menarik perhatian SBY. Menurutnya, cabai yang mereka tanam tumbuh dengan baik meski kondisi iklim kurang bersahabat. “Tiba-tiba saja Bapak Presiden menanyakan pemilik cabai yang dipamerkan itu. Langsung saja saya jawab milik kedua kelompok petani Sidoarjo,” kata Sri.

Ketua kelompok tani Sidokare, Abdul Fadil mengakui tanaman cabainya dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk buatan apapun. “Murni dari pupuk kandang. Karena itu sangat tahan terhadap hama,” ujarnya. Bupati Saiful Ilah yang menemui kedua kelompok tani tersebut di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, ikut bangga. “Utusan dari Presiden SBY langsung menyerahkan uang Rp 100 juta selesai acara.  Makanya langsung kita berikan pada yang bersangkutan,” katanya.

Saiful berharap para petani maupun warga Sidoarjo bisa meniru sistem budidaya cabai yang dikembangkan dua kelompok tani itu. Untuk warga, diharapkan juga menanam cabai di pekarangan rumah agar bisa menghemat pengeluaran. “Pekarangan di pendopo saja sudah ditanami cabai,” cetusnya.

(Sumber : Radar Surabaya “vga”)


Beri Komentar