Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Mohon Maaf Lahir dan Bathin

LAPORAN PANGGAR KUA & PPA PERUBAHAN TA 2008

0 comments

LAPORAN PANGGAR KUA & PPA PERUBAHAN TA 2008Mengawali penyampaian Laporan Panitia Anggaran ini, terlebih dahulu marilah kita memanjatkan Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, Taufiq dan Hidayah-Nya sehingga pada hari ini kita bersama-sama dapat menghadiri Rapat Paripurna Rapat ke – 2 dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Perubahan Tahun Anggaran 2008 antara Kepala Daerah dengan Pimpinan DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam keadaan sehat wal’ afiat, sejahtera lahir maupun batin. Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami sampaikan terima kasih pada pimpinan rapat atas kesempatan yang diberikan kepada kami Panitia Anggaran untuk menyampaikan laporan di forum yang terhormat ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada yang terhormat Saudara Bupati Sidoarjo yang berkenan menyampaikan Nota Penjelasan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008 pada Rapat Paripurna Rapat ke – 1 tanggal 28 Agustus 2008. Demikian halnya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Panitia Musyawarah DPRD yang telah menjadwalkan Pembahasan Nota Penjelasan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008, juga kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Sidoarjo dengan segenap Anggota Panitia Anggaran DPRD yang telah bekerja keras, serta tetap mengedepankan asas efisiensi dan efektifitas, sehingga dicapai kesamaan pandang dalam mencermati dan memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan yang ada didalam Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008 sampai dengan disetujuinya Nota Kesepakatan tentang Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Perubahan Tahun Anggaran 2008 sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 dan Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, maka disusunlah Laporan Panitia Anggaran dalam pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008, dengan sistematika sebagai berikut :
I. PENDAHULUAN
II. URAIAN KEGIATAN
III. KESIMPULAN DAN USUL
IV. P E N U T U P

I. PENDAHULUAN
Penyusunan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008, dilaksanakan dengan memperhatikan :
1. Pasal 81 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah ;
2. Pasal 154 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah ;
3. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2008 ;
4. Dokumen RPJMD Tahun 2006 – 2010 ;
5. Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 21 Tahun 2007 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2008 ;
6. Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor : 188/10.A/404.1.1.3/2007 tentang Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Angggaran 2008 ;
7. Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor : 188/11/404.1.1.3/2007 tentang Prioritas dan Plafon Anggaran Tahun Anggaran 2008 ;

Dalam Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2008, dimungkinkan untuk dilakukan perubahan APBD Tahun Anggaran 2008, sekaligus Perubahan KUA dan PPA APBD Tahun Anggaran 2008, apabila :
1. Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA ;
2. Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan antar jenis belanja ;
3. Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan ;
Adapun substansi Perubahan Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2008, adalah sebagai berikut:
a. Adanya Perubahan Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan dari asumsi sebelumnya ;
b. Belanja Daerah mengalami Penambahan baik pada Belanja Tidak Langsung maupun Belanja Langsung ;
c. Perubahan Pendapatan dan Belanja Daerah mengakibatkan perubahan pula pada aspek Pembiayaan Daerah ;
d. Keadaan yang menyebabkan perubahan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran yang telah ditetapkan dalam Dokumen Kebijakan Umum APBD Tahun 2008 dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran yang juga telah ditetapkan dalam Dokumen PPA Tahun Anggaran 2008.

II. URAIAN KEGIATAN
Implementasi dari Pasal 155 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun Anggaran 2008 dilakukan secara simultan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Panitia Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Sedangkan hasil pembahasan yang telah dilakukan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Panitia Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan dituangkan dalam Nota Kesepakatan antara Bupati Sidoarjo dengan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dengan menghasilkan beberapa butir kesepakatan sebagai berikut :
1. Terhadap Sistematika Penulisan telah dilakukan revisi atau penyempurnaan sehingga terjalin suatu bentuk konsistensi penulisan yang jelas dan terarah ;
2. Untuk Proyeksi Pendapatan dalam Kebijakan Umum Perubahan APBD dan PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2008 perlu adanya peningkatan yang signifikan sesuai dengan potensi dan data dilapangan. Sedangkan pada sisi Belanja juga perlu efisiensi terhadap program dan kegiatan yang benar-benar urgen serta memenuhi kepentingan masyarakat ;
3. Target Capaian Kinerja dan sasaran dari masing-masing program pada semester I telah dilakukan sinkronisasi dan validasi ;
4. Disepakati penyempurnaan dan perbaikan terhadap Proyeksi Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Daerah pada Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan PPA Perubahan Tahun Anggaran 2008 sebagai berikut :
I. Pendapatan Daerah sebesar Rp. 1.151.002.271.465,85,-
(satu triliun seratus lima puluh satu milyard dua juta dua ratus tujuh puluh satu ribu empat ratus enam puluh lima rupiah delapan puluh lima sen )
Terdiri dari :
1.Pendapatan Asli Daerah
Rp. 200.179.688.060,75,-
(dua ratus milyard seratus tujuh puluh sembilan juta enam ratus delapan puluh delapan ribu enam puluh rupiah tujuh puluh lima sen)
2. Dana Perimbangan Rp. 849.386.342.292,01,-
(delapan ratus empat puluh sembilan milyard tiga ratus delapan puluh enam juta tiga ratus empat puluh dua ribu dua ratus sembilan puluh dua rupiah nol satu sen)
3. Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah
Rp. 101.436.241.113,09,-
(seratus satu milyard empat ratus tiga puluh enam juta dua ratus empat puluh satu ribu seratus tiga belas rupiah nol sembilan sen )

II. Belanja Daerah sebesar
Rp. 1.329.304.509.106,10,-
(satu triliun tiga ratus dua puluh sembilan milyard tiga ratus empat juta lima ratus sembilan ribu seratus enam rupiah sepuluh sen)
Surplus (Defisit) Rp. (178.302.237.640,25)
(seratus tujuh puluh delapan milyard tiga ratus dua juta dua ratus tiga puluh tujuh ribu enam ratus empat puluh rupiah dua puluh lima sen)

III. Pembiayaan Daerah
1. Penerimaan Pembiayaan
Rp. 219.189.134.970,46,-
(dua ratus sembilan belas milyard seratus delapan puluh sembilan juta seratus tiga puluh empat ribu sembilan ratus tujuh puluh rupiah empat puluh enam sen)
2. Pengeluaran Pembiayaan
Rp. 40.886.897.330,21,-
(empat puluh milyard delapan ratus delapan puluh enam juta delapan ratus sembilan puluh tujuh ribu tiga ratus tiga puluh rupiah dua puluh satu sen
a. Penyertaan Modal
(investasi daerah) Rp. 15.886.897.330,21,- (lima belas milyard delapan ratus delapan puluh enam juta delapan ratus sembilan puluh tujuh ribu tiga ratus tiga puluh rupiah dua puluh satu sen )
b. Pembayaran Pokok Utang
Rp. 25.000.000.000,00,-
(dua puluh lima milyard rupiah)

Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008 sebagaimana terlampir telah diadakan koreksi dan penyempurnaan bersama antara Panitia Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebagai dokumen yang tidak dapat dipisahkan dari Laporan Panitia Anggaran ini.

III. KESIMPULAN DAN USUL
A. KESIMPULAN
1. Nota Penjelasan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008, sebagaimana disampaikan Saudara Bupati Sidoarjo dalam Rapat Paripurna Rapat Ke-1 tanggal 28 Agustus 2008 telah dilakukan koreksi dan penyempurnaan.
2. Dengan telah dilakukannya koreksi dan penyempurnaan, maka Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008 telah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dengan mempertimbangkan kondisi daerah, dan aspirasi masyarakat sesuai kemampuan daerah.

B. USUL
1. Didasari kesimpulan tersebut diatas, Panitia Anggaran mengusulkan Nota Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Tahun Anggaran 2008 untuk disepakati menjadi Nota Kesepakatan antara Bupati dengan Pimpinan DPRD tentang Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Perubahan Tahun Anggaran 2008
2. Setelah ditandatanganinya Nota Kesepakatan antara Bupati dengan Pimpinan DPRD tentang Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Perubahan Tahun Anggaran 2008, maka diminta kepada Saudara Bupati Sidoarjo untuk secepatnya menyampaikan Nota Penjelasan Perubahan Anggaran Keuangan APBD Tahun Anggaran 2008.

IV. P E N U T U P
Demikian Laporan yang dapat kami sampaikan, mohon maaf bila terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati dan terima kasih atas segala perhatiannya. Akhirnya marilah kita bersama memanjatkan do’a semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk menuju jalan yang diridhoi-Nya. serta memberikan kekuatan lahir dan batin dalam melaksanakan tugas-tugas kita untuk membangun Sidoarjo lebih maju dan sejahtera.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Sidoarjo, 11 September 2008

PANITIA ANGGARAN
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN SIDOARJO

Ketua,

TTD

Drs. H. ARLI FAUZI, SH.
Sekretaris,

TTD

Drs.H. PONO SOEBIYANTO, M.Si
NIP. 010 109 063

Juru Bicara,

TTD

EMIR FIRDAUS, ST.,MM


Beri Komentar