Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Pandangan Umum Fraksi Partai Demokrat Terhadap RPJMD 2010 – 2015

0 comments

Assalamu’alaikum Wr. Wb. !

Salam sejahtera buat kita semua,

Yang terhormat,

Saudara Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo ;

Yang   Kami hormati,

Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo;

Para FORPIMDA/Anggota Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Sidoarjo ;

Para Komandan Kesatuan TNI dan POLRI ;

Para Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor Maupun Kepala Bagian serta para Camat se-Kabupaten Sidoarjo;

Para pimpinan Partai Politik, Ormas, wartawan, LSM maupun ibu-ibu serta hadirin yang berbahagia.

 

Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat - M. Agil Efendi, SE

Mengawali penyampaian Pandangan Umum ini, Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo,  ijinkanlah mengajak segenap hadirin untuk senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas karunianya, limpahan rahmat berkah dan Ridhonya, sehingga kita bersama-sama dapat menghadiri Rapat Paripurna Rapat ke- 2 DPRD Kabupaten Sidoarjo pada hari ini , Rabu, 1 Juni  2011 dalam keadaan sehat wal afiat sejahtera lahir maupun bathin.

Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, karena atas bimbingan beliau kita semua dapat membedakan antara yang benar  dan salah melalui jalan islam.

 

Rapat dewan yang terhormat,

Sebelum memasuki penyampaian Pandangan Umum Fraksi, perkenankanlah terlebih dahulu kami dari Fraksi Partai Demokrat menyampaikan :

  1. Ucapkan terima kasih kepada saudara Pimpinan Rapat, atas pemberian kesempatan kepada Fraksi Partai Demokrat untuk menyampaikan Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah  Kabupaten Sidoarjo Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) Kabupaten Sidoarjo Tahun 2011 – 2015.
  2. Kami ucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  yang terhormat saudara Bupati Sidoarjo yang berkenan menyampaikan Nota Penjelasan                Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) Kabupaten Sidoarjo Tahun 2011 – 2015, pada Rapat Paripurna Rapat  ke – 1  tanggal 5 Mei 2011.
  3. Demikian juga ucapan terima kasih kepada segenap Anggota Panitia Khusus beserta Tim Esekutif  yang  telah memberikan kontribusi pemikiran, usul, saran dan pendapatnya, sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup signifikan kepada Fraksi Partai Demokrat dalam memberikan pandangan, saran maupun pendapat yang dapat bermanfaat terhadap Kabupaten Sidoarjo.

Selanjutnya, ijinkanlah kami mengucapkan :

  1. Selamat memperingati  Israj Mi’raj Nabi Muhamad SAW ( 27 Rajab 1432 H ) pada tanggal 29  Juni 2011. Semoga kita semua bisa meneladani perjalanan Isra Nabi Muhammad SAW yang “diberangkatkan” oleh Alloh SWT dari Masjidil Haram sampai Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj, Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sinilah, beliau dapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan shalat 5 waktu
  2. Selamat memperingati Kenaikan Isa Al Masih pada tanggal  2 Juni 2011 bagi yang merayakannya.

 

Rapat Dewan yang kami hormati,

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun. RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD dan memperhatikan RPJMN, memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pernbangunan Daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), lintas SKPD, dan program kewilayahan disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.  Dokumen ini mernuat penjabaran dari visi, misi, dan program Bupati Sidoarjo yang dipilih langsung pada Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Tahun 2010.

 

Rapat Dewan yang kami Hormati,

Selanjutnya Fraksi Partai Demokrat pada kesempatan  Rapat Paripurna ke –2 hari ini, menyampaikan berbagai masukan, saran, serta pendapat. Adapun masukan, saran maupun pendapat Fraksi kami antara lain :

 

  1. Pada prinsipnya RPJMD Tahun 2011 – 2015 harus disesuaikan dan diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sidoarjo. Baik yang berkaitan dengan Visi, Misi, Strategi, Sasaran, Arah, Tahapan dan Prioritas Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Sidorajo Tahun 2006 – 2025. Dimana pembangunan Kabupaten Sidoarjo  telah masuk dalam tahap Lima Tahun kedua (2011-2015) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sidoarjo. Menyesuaikan dan menyelaraskan memang tidak harus sama persis dalam bahasanya dengan RPJPD, namun, tetap harus sama dalam hal prinsip dan semangat yang diamanatkannya
  2. Fraksi Partai Demokrat  memberikan masukan agar permasalahan Lumpur Lapindo Porong sebaiknya dimasukkan ke dalam  isu strategis Raperda RPJMD Tahun  2011 – 2015 Mohon Penjelasan!
  3. Berdasarkan kajian Raperda RPJMD,   Kabupaten Sidoarjo memiliki luasan daerah pesisir dan tambak  sebesar  37, 82 % dari total  luasan area yang ada. Dengan demikian, kami mengharapkan agar  area wilayah daerah pesisir  menjadi skala prioritas utama untuk pembangunan dan distribusi program wilayah pesisir  sesuai dengan fungsinya.                     Mohon ditindaklajuti.
  4. RPJMD Kabupaten Sidoarjo tahun 2011 – 2015 sedapatnya memberikan kepastian terhadap penyelesaian pengelolaan aset pemerintah Kabupaen Sidoarjo berupa kegiatan untuk menyelesaikan proses sertifikasi aset-aset pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam waktu lima tahun kedepan serta penyelesaian dalam  identifkasi pengelolaan aset agar memberikan keuntungan signifikan dalam 2 tahun pertama RPJMD tahun 2011-2015. Kegiatan lain dalam penyelamatan aset ini adalah melakukan recoveri aset yang dikelola oleh pihak swasta yang tidak memberikan keuntungan signifikan untuk diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo serta menawarkan pengelolaan kembali kepada publik/swasta yang bersedia memberikan keuntungan maksimal., mohon di tindaklanjuti ?

 

  1. Fraksi Partai Demokrat meminta agar Evaluasi pelaksanaan RPJMD dilaksanakan setiap tahun agar target capaian dan indikator program dapat tercapai dengan maksimal mohon di tindak lanjuti.

 

  1. Fraksi Partai Demokrat menghimbau agar RPJMD hendaknya tetap memberikan penekanan kepada peningkatan infrastruktur  seperti peningkatan  Jalan, PJU, Drainase dan Penyediaan Air Bersih. Mohon untuk di tindak lanjuti

 

  1. Dari segi ekonomi perlu diperjelas sasarannya kemana dengan apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan indikator dan tahapan pasti.

 

  1. Salah satu strategi visi  dan misi yang tertuang dalam RPJMD adalah meningkatkan modal sosial, kegiatan sosial dan ketertiban masyarakat yang didalamnya memuat tentang bagaimana terciptanya ketertiban masyarakat menjadi syarat mutlak tumbuhnya investasi di suatu daerah untuk menarik investor dalam negeri maupun investor asing untuk menanamkan modalnya. Fraksi Partai Demokrat sangat mendukung strategi tersebut,  Dengan demikian Fraksi kami memberikan masukan hendaknya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo membuka pintu dan mempermudah proses perijinanan bagi investor yang ingin masuk ke sidoarjo. Mohon Penjelasan dan ditindklanjuti.

 

Rapat Dewan yang kami hormati,

Demikian Pandangan Umum Fraksi Kami, mohon maaf bilamana terdapat hal-hal kurang berkenan dihati atas segala perhatian serta kesabarannya dalam mengikuti sidang Paripurna pada hari ini, kami sampaikan terima kasih, semoga Allah SWT melindungi dan memberkahi kita semua. Amin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

Sidoarjo,  1 Juni  2011

 

FRAKSI PARTAI DEMOKRAT

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KABUPATEN SIDOARJO

KETUA, 

Ttd

JUANASARI, ST

JURU BICARA, 

 

T t d

MOH.  AGIL EFFENDI, SE

 


Beri Komentar