Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

Pengumuman UASBN SD/MI Tunggu Juknis

84 comments

Dinas pendidikan (Dispendik) Sidoarjo masih belum menentukan pola penyampaian pengumuman hasil Ujian Akhir Berstandar Nasional (UASBN) siswa SD dan MI. Hal itu lantaran masih menunggu keputusan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Jatim.

Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dispendik Sidoarjo, Asyari, mengatakan, pada tahun sebelumnya, proses pengumuman disampaikan ke sekolah masing-masing melalui perwakilan sekolah yang datang ke Dispendik Sidoarjo.  ‘’Tahun ini, hingga sekarang masih menunggu hasilnya,’’ katanya.

Secara teknis, tambahnya, dampak proses pengumuman UASBN memang tidak besar bila dibandingkan pengumuman Ujian Nasional (Unas) SMA sederajat maupun SMP sederajat. ‘’Kalau sekolah menengah kan biasanya ada hura-hura setelah pengumuman Unas. Berbeda dengan SD atau MI,’’ tegasnya.

Dia mengatakan, hasil UASBN persentase kelulusan SD dan MI lebih besar, karena ada penyesuaian dengan hasil praktek maupun pelajaran di luar UASBN. ‘’Tingkat optimisme lulus lebih  besar,’’ jelasnya.

Meskipun demikian, tuturnya, cara dan penyampaian kelulusan SD dan MI juga mempengaruhi mental siswa. Karena itu, sampai kemarin, Diknas Sidoarjo masih menunggu juknis dari Diknas Provinsi mengenai pengumuman hasil UASBN.

Di sisi lain, Dispendik Sidoajo masih tetap yakin dengan hasil dari UASBN. Asyari mengungkapkan, hasil unas sekolah menengah yang anjlok dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, sempat membuat cemas.

Ada kekhawatiran hal tersebut juga terjadi di UASBN. ‘’Semoga saja tidak,’’ katanya.  Menurut dia, target minimal masuk dalam empat besar nasional pada UASBN masih menjadi prioritas. Nilai kumulatif dari hasil UASBN masuk dalam empat besar nasional.

Dia berharap, sebanyak 30739 siswa yang mengikuti UASBN pada 4-6 Mei lalu, dapat meraih hasil maksimal dan mengahrumkan nama Sidoarjo.

(Sumber : Koran Radar Surabaya “vga”)


  1. kapan sih hasil uasbn di sidoarjo di umumin di surabaya kan sudah

  2. soalnya ortu ku gk sabar pengen liat dane, ku

  3. Sebagai penerus bangsa (seorang kakak) dan orang tua menginginkan pengumuman danemnya segera diterbitkan.
    Jgn mempersulit siswa dan wali murid untuk mmencari sekolah menengah pertama (SMP). Hidup sudah sulit, jgn dibuat sulit.. Untuk mencari sekolahpun susah jika tdk segera diumumkan danemnya. Yg penting untuk pendidikan di no1 (dahulukan).

    Terima kasih,

  4. KENAPA KOK TERLALU RIBET BANGET, KOK YA GAK BERPIKIR PRAKTIS TAPI TERLAKSANA DENGAN BAIK,JANGAN LELET DONG DIKNAS SIDOARJO

  5. Kapan informasi hasil UASBN bisa di sampaikan dengan cepat lewat internet? jadi lihat pengumuman tidak hanya di sekolah saja.

  6. Lelet, ndak kayak surabaya. Padahal sama2 pegawai negerinya.

  7. cptan rekz hsil UN sgera d umumin kayak anak kecil ae pngen d tngguin org banyak.ortu q gk sabar ki……?

  8. sbg dinas pndi2kan sidoarjo kug lelet n lama bnget klow memberi tau pengumuman UN SD/MI apa beliau trlalu sbuk.pa lg KRAMAS….cptan mas brow d tngguin org banyak…

  9. DIKNAS SIDOARJO KURANG CEPAT DALAM MEMBERI INFORMASI TENTANG HASIL UASBN SD/MI, SEMUA ORANG TUA PASTI BERHARAP KEPINGIN SEGERA MENGETAHUI HASIL NILAI PUTRA PUTRINYA, MOHON PERHATIANNYA !!!

  10. kapan keluar hasil ujiannya….
    lama bget sih….

    mau d’buat daftar sekolah tolong jgn d’persulit…..

  11. iiiiiihhh… nunggu apa lagi sih… udeh waktu nya nih… hadooohhh, perlu bantuan IT kah tuk masukin ke web nya….

  12. kok lma sih.. gimana pendidikan di indonesia mau maju kalau kayak gini terus…!!!!!!!

  13. pendidikan harus transparan ya…… nilai UN ada apa kok belum diumumkan diinternet. padahal sudah pendaftaran ,,,,,,,,,, ada apa ya………..

Beri Komentar