Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

PPDB Tahun Ini Tanpa Tes

0 comments

Bobot Unas 60 Persen

SIDOARJO—Bupati Sidoarjo, Kepala Dinas Pendidikan, Komisi D DPRD Sidoarjo, dan 19—stakeholder pendidikan, kemarin mengadakan pertemuan untuk membahas mekanisme penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2012/2013.

Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo

Meski ada usulan diadakan tes tulis, Pemkab Sidoarjo ternyata tidak punya anggaran. Karena itu, semua sepakat menggunakan mekanisme PPDB tanpa tes tulis. Cukup digunakan nilai akhir yang terdiri dari nilai sekolah dan ujian nasional.

Pertemuan di Pendapa Delta Wibawa Sidoarjo tersebut dihadiri 19 stakeholder pendidikan. Sebanyak 16 perwakilan menyetujui, mekanisme PPDB tanpa tes dengan penggunaan nilai akhir.

Nilai akhir ini diperoleh dari akumulasi nilai  Sekolah yang berbobot 40 persen, ditambah nilai unas yang berbobot 60 persen. Kepala Dispendik Sioarjo, Agoes Boedi Tjahjono mengungkapkan, salah satu alasan PPDB tanpa tes itu karena pemkab tidak punya anggaran untuk melakukan tes.

APBD 2012 untuk pendidikan, tidak menganggarkan pelaksanaan tes tulis yang diprediksi menelan biaya banyak.

“Tidak hanya anggaran, tetapi ada sisi positif dan negatifnya. Sehingga, akhirnya kami menyepakati PPDB tanpa tes,” katanya setelah pertemuan. Menurut Agoes, pelaksanaan PPDB dengan atau tanpa tes, punya kelebihan dan kekurangan masingmasing.

PPDB tanpa tes dikhawatirkan, nilai akhir dapat dikatrol oleh pihak sekolah. Sedangkan, jika dilakukan dengan tes, juga dikhawatirkan akan banyak titipan.

“Kita sudah mempertimbangkannya , ” jelasnya. Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Machmud mengatakan, pihak legislatif mendukung apapun keputusan PPDB 2012/2013. Yang terpenting, harus ada evaluasi dan proses PPDB berlangsung jujur.

“Harus ada perbaikan, baik itu dalam pelaksaan Unas maupun PPDB,” kata politikus PAN ini. Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menambahkan, pelaksanaan PPDB 2012/2013 yang berlangsung tanpa tes harus diawasi, baik dari segala unsur kecurangan maupun titipan.

“Semua stakeholder yang ada di sini (pertemuan) harus saling menjaga proses PPDB,” ujarnya. Seperti diketahui, tahun lalu, PPDB hanya menggunakan nilai Unas tanpa tes. Sedangkan, tahun ini, meski tanpa tes, namun disertakan nilai akhir. (vga/rie/rek)


Beri Komentar