Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

PSB, Dispendik Sidoarjo Gunakan Hasil Unas dan Tes

25 comments

Dinas pendidikan (Dispendik) Sidoarjo akan membuka penerimaan siswa baru (PSB) reguler SD, SMP, SMA dan SMK pada 1 Juli nanti. Jadual PSB tersebut telah
disesuaikan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Meskipun telah menetapkan jadual PSB, namun Dispendik hingga saat ini belum dapat memastikan proses PSB bagi SMP, SMA, dan SMK.

Kabid Pendidikan Menengah Dispendik Sidoarjo - Dra.Hj. Ani Kadarwarti, M.Pd

Kabid Pendidikan Menengah Dispendik Sidoarjo, Ani Kadarwarti, mengatakan, proses PSB masih menunggu pertemuan dengan Bupati Sidoarjo. Menurutnya,  pertemuan tersebut akan menentukan jalur PSB yang akan diambil nantinya. ‘’Pembahasan proses PSB akan dilakukan dalam waktu dekat,’’ katanya.

Dispendik juga belum dapat memastikan proses PSB tahun ajaran 2010 sama dengan 2009. Pada 2009 lalu, proses PSB menggunakan sistem 60 persen hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk PSB SMP, dan Ujian Nasional (Unas) untuk PSB SMA, serta 40 persen dari seleksi tes.

Proses seleksi mengujikan tiga mata pelajaran yaitu Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), dan IPS. Ani mengungkapkan, jika dalam pembahasan nanti proses PSB 2010 sama dengan tahun lalu, Dispendik akan menyiapkan tim pembuat soal untuk seleksi tes. Ditambahkan, tim dari Dispendik dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), akan bertugas dalam membuat soal tes tersebut.

” Sementara itu, PSB jalur prestasi SMP, SMA, dan SMK, ditetapkan dibuka pada awal Juni ” .

(Sumber : Koran Radar Surabaya “vga”)


  1. mau tanya untuk PSB jalur Prestasi masuk SMP yang ditetapkan juni KRITERIA dan syaratnya apa saja…..? mohon jawabanterima kasih

  2. Ellia Setyo Putri

    apa situs untuk mengetahui hasil UNAS SMP tahun 2009-2010, dan hari apa??

    • asri prayitno

      Hasil UNAS SMP th 2009-2010 belum umcul juga? Kapan kami harus menunggu???Surabaya sudah bisa dilihat sejak kemarin lo…..

      • Trim’s atas saran masukannya, coba nanti disampaikan pada Komisi D yang membidanginya untuk mengundangan Dispendiknas

  3. Mau tanya dasar pemilihan ujian penerimaan itu apa sich ? mengapa yg dipilih Agama, PKN dan IPS ?? menurut saya dispendik Sda merupakan slah satu dinas yg sangat tertutup krn sangat susah diakses melalui Internet. Sekarang saja banyak orang tua murid yg bingung utk melihat hasil UN 2010. Sepertinya tidak aja kemajuan. Capek deh…

    • Kepada
      Yth. Sdr. B.Widada
      terima kasih atas masukan dan sarannya, semoga kedepan ada perubahan terkait akses internet di Diknas untuk hasil UNAS.

  4. psb untuk sma thn 210-2011 tgl brp dan apa persyaratanya ?

  5. Aldyan Reza

    mau tanya kenapa psb sda harus pakai tes sedangkan surabaya sudah ga pakai tes? kenapa sda selalu beda sendiri…?

    • Kepada Yth. Sdr. Aldyan Reza
      Terima kasih atas partisipasi anda dalam rubrik website ini, perihal mekanisme PSB di Kabupaten Sidoarjo yang tetap memakai sistem test sedangkan di Surabaya sudah tidak memakai test, hal itu menurut kami tergantung dari kebijakan daerah masing-masing dan masukan saudara ini coba akan kami sampaikan ke Komisi D yang membidangi masalah pendidikan.
      Demikian atas perhatian dan kerjasamanya.

      Wassalam

      Kasubbag Dok & Kehumasan

      • saya orang tua wali murid smp kelas 3 mau menanyakan :
        1. Kenapa pendaftaran psb mulai 1 juli bukankah tahun ajaran baru sudah dimulai pada 12 juli, apa tidak terlalu mepet ?
        2. Akses ke http://www.psbsidoarjo.net sekarang ini kok nggak bisa ?
        3. mata pelajaran apa yg akan di tes kan nantinya karena sekarang informasinya di sekolah masih belum jelas ?
        Terimakasih

  6. Anys Santy Dewi

    Kepada Dispendik Kab.Sidoarjo

    Dengan hormat,
    Saya seorang ibu, anak saya sekolah di SMP di Kediri, saya ingin anak saya sekolah di smu 1 waru biar bisa berkumpul dengan keluarga. saya sudah datangi smu 1 waru untuk tanya informasi mengenai pendaftaran tapi belum ada kepastian. Saya sudah urus surat rekomendasi dari diknas kediri sebagai persiapan. Mohon bantuan dari Dispendik Kab.Sidoarjo untuk memberikan informasi syarat apa saja untuk psb jalur prestasi dan psb jalur reguler, serta syarat apa saja yang harus dipenuhi yang berhubungan lintas kota ini.

    Terimakasih
    Hormat saya,
    Anys

  7. Menurut saya, prosentase 60 – 40 dalam Penerimaan SIswa Baru tidak sinkron dengan Mata Pelajaran yang akan diujikan. Jika 60 persen dari UASBN atau UN dan 40 persen dari Tes, maka terjadi mismatch antar nilai dari mata pelajaran yang diujikan tersebut.

    Secara matematis, pengambilan nilai prosentase seharusnya diperlakukan pada obyek yang sama. Artinya kalau 60 persen nilai Bahasa Indonesia dari UN, misalnya, seharusnya dikomparasi juga dengan nilai Tes pada mata pelajaran yang sama yaitu Bahasa Indonesia.

    Tahun lalu, mata pelajaran yang diteskan adalah PKN , IPS dan Agama. Tentu agak sulit dilogika mengapa harus dibuat perbandingan 60-40. Sedangkan pembandingnya adalah Nilai UN yang terdiri atas Matematika, Bhs Indonesia, Inggris dan IPA.

    Saran saya, kalau mau dipertahankan perbandingan 60-40, maka harus diperlakukan terhadap mata pelajaran yang sama. Atau kalau mau mempertahankan Tes dengan mata pelajaran Agama, PKn dan IPS, maka seharusnya tidak dilakukan prosentase, tapi langsung nilai akumulasi.

    Mudah-mudahan bisa menjadi referensi pertimbangan untuk disampaikan ke Dinas Pendidikan kab Sidoarjo, demi Layanan yang Fair terhadap anak bangsa. Sukses, Terima kasih

  8. mohon informasi sedetail mungkin, anak saya mau masuk SMAN (rumah saya berada di tropodo-waru) persyaratan untuk masuk ke SMAN TA 2010/2011 apa saja yang harus saya persiapkan dan nilainya minimal berapa untuk bisa diterima nilai NEM anak saya 28.35. Atas perhatian dan informasinya saya sampaikan terima kasih

  9. mohon informasi untuk pengambilan formulir SD Negeri kapan, kok selama ini belum ada info yang jelas ttg jadwal PSB unt masuk SD Negeri

  10. saat menghadapi tahun ajaran baru para orang tua murid sibuk mencari info tentang pendidikan. tapi dispendik sidoarjo sangat minim untuk mencari info. gimana nich ?

  11. hari gene psb online sidoarjo ndak bisa diakses,,,,apa kata DUNIA???????????/

  12. psbsidoarjo.net kok diam aza ya, lg ngambeq kaleeeeeeeeeeee, mohon dibuka dunk …

  13. Kpd bpk2 dan ibu2 guru yg terhormat hasil tes psb sidoarjo kok belum keluar ya…..

    • psb sebaiknya pakai hasil unas saja sebab dengan adanya tes tertulis banyak oknum yang memanipulasi nilai test ke pihak kedua atau yang proses

  14. psb sebaiknya pakai hasil unas saja

  15. Yth. 1. Bpk. Bupati SIDOARJO.
    2. Bpk. Ketua DPRD Kab. Sidoarjo.
    3. Bpk. Kepala DIKNAS Kab. Sidoarjo

    Yang PERTAMA Sehubungan dengan teleh lesesainya pelaksanaan Program Belajar Tahun 2011 di Kabupaten Sidoarjo saya berharap untuk kemajuan di bidang Pendidikan mohon proses pelayanan informasi hasil UNAS dan Penerimaan Siswa Baru mestinya harus sering diinformasikan lewat media internet. Dan alangkah majunya bila Diknas sidoarjo bisa menginformasi hasil Unas di websit DIKNAS lebih awal (sebelum hasil Unas disampaikan ke masing 2 sekolah) mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK baik swasta/negeri.
    Kami yakin Sidoarjo pasti bisa…
    Yang KEDUA Mengenai Jumlah Sekolah : Di Kec. Kota Sidoarjo Jumlah sekolah Antara SMP dan SMA tidak Imbang. Mestinya Kec. Kota Sidoarjo menambah Jumlah Sekolah SMAN (tidah cuman 4 sekolahan aja) mukin bisa sampai…8-10 sekolahan.
    Saya ulangi Sidoarjo pasti bisa….
    Pak Bupati, Pak DPR…yang terhormat.
    Kami sangat berharap…sidoarjo paling tidak kayak surabaya…
    ayo pak jangan mlempem…
    Sistem sekarang dah berubah…pak….
    Saya..sangat mendukung bapak…
    demi kemajuan kotaku yaitu sidoarjo..

    terimakasih.

    • Kepada
      Yth. Bapak Surono
      Sebelumnya kami sampaikan salam kenal dan terima kasih banyak atas saran masukan Bapak terkait masalah PSB di Sidoarjo dan akan kami sampaikan pada Komisi D yang membidanginya, serta kami sangat menunggu aspirasi dari Bapak yang lain.

      Hormat kami,

      Kasubbag Humas Setwan

  16. Yth. Kabid Pendidikan Menengah Dispendik Sidoarjo – Dra.Hj. Ani Kadarwarti, M.Pd. Melalui media ini, kami mohon, al :
    1. Info alur sistem PSB Reguler maupun PSB Prestasi untuk PSB SMPN.
    2. Apakah tidak ada instruksi dari Ibu bila SMPN se Sidoarjo harus
    punya WEBSITE sekolah. Banyak manfaat yg didapat dari WEBSITE
    sekolah..Ibu.
    3. Apakah ada alamat WEB atau email yang bisa Ibu akses secara langsung,
    setidaknya untuk menampung informasi Proses Belajar Mengajar tingkat
    Pendidikan Menengah yang Ibu bidangi. Mohon di infokan juga Ibu..

    Terima Kasih.

  17. gimana system penerimaan murid baru untuk SD ke SMP di wilayah kecamatan Waru Sidoarjo, mohon beri penjelasan secara detail ( informasi tentang kreteria apa saja yg diperlukan [ spesifikasi nilai dari kelas 4,5,6 + nilai UN ]

  18. Selamat atas keberhasilan siswa2 Sidoarjo dalam pelaksanaan UNAS 2011, dari hasil rekapitulasi tampak bahwa 45,88% hasil UNAS 2011 ditingkat SD berhasil mendapat nilai diatas 27 atau nilai 9 keatas. Inilah bibit2 muda pemimpin harapan bangsa kita kedepan. Harapan saya semua itu didapat dari hasil kerja keras dari semua elemen terkait guru, siswa dan orang tua. Semoga hasil ini murni adanya, alangkah hebat dan kejayaan yang akan kita dapat apabila hasil UNAS itu benar adanya. Semoga… Mohon tanggapan atas keberhasilan ini dari Bapak dan Ibu wakil kami di Dewan. Sekian terima kasih

Beri Komentar