DPRD Kritisi Penyerapan Anggaran

Kota-Sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) tahun lalu mencapai Rp 700 juta. Tahun ini silpa diperkirakan menurun. Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan memperkirakan, silpa tahun anggaran 2015 mencapai Rp 500 juta. "Ini masih perkiraan karena belum resmi dikeluarkan hasil perhitungannya,"katanya, kemarin (1/5).

Dia melanjutkan, saat ini proses audit masih dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Diperkirakan bulan ini proses audit selesai dan nilai SILPA bisa segera diketahui.

Meski sudah turun Rp 200 juta dibandingkan� dengan tahun 2014, menurut dia, sisa anggaran masih cukup tinggi. Menurut pria yang akrab disapa Wawan ini, angka silpa tidak boleh lebih dari 6,7 % total APBD.

APBD Sidoarjo tahun 2015 mencapai Rp 4,3 triliun. Maka, seharusnya silpanya Rp. 280 juta. Wawan menduga, beberapa SKPD yang tidak memenuhi target serapan anggaran. Dinas pendidikan misalnya hanya terserap 64 % dari target 86 %. Dinas kesehatan hanya terserap 67 % dari 86 %. "Yang paling utama itu sisi perencanaan. Dari situ akan terlihat bagaimana menyerap anggaran dengan maksimal," tandasnya.(ni/rek)

recent tags

anggota dewan