Banyak Kerangka Atap SD Rusak

Dewan Sarankan Gunakan Atap Baja

Sidoarjo-Harian Bangsa, Komisi C DPRD Sidoarjo menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke gedung sekolah rusak, yakni SDN plaosan I (wonoayu), SDN Sawocangkring (wonoayu) dan SDN Kepunten (Tualngan), Selasa (3/5). Hasilnya, Komisi meminta rehab bangunan, kerangka atapnya memakai bahan baja.

[caption id="attachment_36236" align="alignright" width="314"]Anggota Komisi C DPRD Sidoarjo saat melakukan sidak ke sejumlah sekolah Anggota Komisi C DPRD Sidoarjo saat melakukan sidak ke sejumlah sekolah[/caption]

Menurut Ketua Komisi C Ahmad Amir Aslichin, jika memakai kayu, maka kerangka atap berpotensi melengkung, sehingga membahayakan struktur bangunan atap.

"Berdasarkan� pengalaman, kalau kerangka atap memakai kayu, tiga atau empat tahun, sudah terjadi lendutan atau melengkung. Sehingga dengan bahan baja, bisa lebih kuat dan awet," cetusnya, usai sidak.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar perencanaan pembangunan gedung sekolah dilakukan secara menyeluruh dan tidak sepenggal-penggal.

SDN yang disidak itu, kata Amir, tahun ini sudah di alokasikan untuk dilakukan rehabilitasi. "Hasil sidak itu akan kami sampaikan resmi dalam hearing dengan Dinas Pendidikan (Diknas)," tandas Mas Iin, panggilan karib Ahmad Amir Aslichin.

Anggota Komisi C Tarkit Erdianto menambahkan rekomendasi pemakaian baja untuk kerangka atap itu diharapkan bisa terwujud. Saat ini, program rehab gedung sekolah rusak itu, tengah dalam proses lelang.(sta/lan)

recent tags

anggota dewan