Hujan Diprediksi Sampai Akhir Tahun

   Akibat Suhu Permukaan Laut yang Naik

KOTA-Hujan yang mengguyur wilayah Sidoarjo akhir-akhir ini diprediksi terus terjadi hingga beberapa bulan ke depan. Bahkan, diperkirakan hujan akan terus terjadi sepanjang tahun 2016. Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Bambang Setiaji mengatakan,  hujan yang terjadi pada pertengahan tahun ini akibat meningkatnya suhu permukaan laut.

Jika suhu normalnya 28- 29 derajat Celcius, kini justru di atas 30 derajat Celcius. Akibatnya, supply air di udara tinggi sehingga menimbulkan hujan. “Dibarengi dengan angin muson timur yang bertiup lemah, maka terjadi hujan di musim kemarau ini,” kata Bambang kemarin (20/7).

Bambang melanjutkan, curah hujan diperkirakan cukup tinggi dengan intensitas memanjang. Artinya, terkadang hujan deras dengan waktu yang sebentar atau hujan tidak begitu deras, tetapi terjadi hingga berjam-jam. Hujan paling banyak terjadi pada pagi hari. Namun, tidak menutup kemungkinan hujan turun sepanjang hari seperti kemarin (20/7).

Hujan ini juga diperkirakan akan terjadi pada Agustus- September mendatang. Bahkan, Bambang menyebutkan, hujan di musim panasini akan langsung menyambung pada musim hujan pada Oktober nanti. “Jadi, hujan akan terus berlangsung sepanjang tahun 2016 ini,” imbuhnya.

Fenomena ini, menurut Bambang, tidak terjadi setiap tahun. Biasanya terjadi lima atau enam tahun sekali. Terakhir kali hujan sepanjang tahun terjadi pada 2010. (nis/rek)

recent tags

anggota dewan