DPRD Rancang Aplikasi E-Parlemen

KOTA-Setelah sukses dengan aplikasi M-Bonk untuk laporan perbaikan jalan yang dilakukan Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, kini aplikasi baru dengan cara kerja yang sama sedang dirancang. Bedanya, kali ini rencangan tersebut digagas oleh DPRD Kota Delta. Namanya e-parlemen. Aplikasi ini untuk mendekatkan para legislatif dengan rakyatnya melalui teknologi smartphone.

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan mengungkapkan masyarakat sudah melek teknologi. Ia menilai aplikasi ini akan sangat diperlukan di era seperti sekarang. Apalagi kini banyak masyarakat yang menyampaikan keluhan atau aspirasinya, serta memberikan respons lebih cepat melalui media sosial.

“Sekalian saja kami beri wadah bagi masyarakat untuk mengutarakan aspirasinya melalui aplikasi ini (eparlemen, Red),” katanya, kemarin (2/10). Pria yang akrab disapa Wawan ini melanjutkan, saat ini pihaknya sedang merancang aplikasi ini.

Untuk mewujudkannya, pihaknya menggandeng berbagai pihak. “Rencananya akan kami coba kerjasama dengan Microsoft, tapi nanti kami lihat dulu bagaimana perkembangannya,” imbuh dia. Politisi PKB ini menyebutkan, aplikasi e-parlemen diperkirakan akan siap dilaunching pada akhir bulan ini.

Dengan aplikasi tersebut, dia berharap bisa mendekatkan masyarakat dan para wakil rakyat sekaligus memudahkan komunikasinya. Selain itu juga untuk memantau apa yang diinginkan oleh masyarakat, lalu didiskusikan bersama.

“Dengan begitu, akan nyambung apa yang diinginkan masyarakat dengan apa langkah yang dilakukan oleh pihak legislatif,” tandasnya. (nis/jee)

recent tags

anggota dewan