Panggil Tiga Dinas PU, Komisi C Minta Penanganan Banjir Dimaksimalkan

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Komisi C DPRD Sidoarjo meminta tiga dinas pekerjaan umum, untuk melakukan pengecekan saluran air masing-masing tanggung jawabnya.

Ini sebagai upaya, untuk melakukan langkah cepat penanggulan banjir di beberapa kawasan yang sudah tergenang air.

“Hari ini, kita panggil Dinas PU Pengairan, Cipta Karya dan Bina Marga, untuk mengetahui sejauh mana upaya dalam penanggulangan banjir. Termasuk mendorong ketiganya melakukan pengecekan di saluran air masing-masing,” jelas Achmad Amir Aslichin, Selasa (11/10/2016)

Namun jika banjir terjadi di kawasan, maka bukan lagi saluran yang diawasai, tapi memang curah hujan dan kondisi avur sungainya.

“Kiat-kiat yang kita sampaikan, agar ada upaya untuk menekan angka pembuangan sampah di sungai,” jelas politisi PKB ini.

Dengan kondisi saat ini, ketua komisi C ini menyebutkan kinerja tiga instansi PU ini dalam menangani banjir sudah bekerja dengan baik.

Namun kedepannya diharapkan, kinerjanya akan semakin ditingkatkan untuk antisipasi banjir tahunan.

Sementara itu untuk cepat mengatasi banjir di kawasan Trosobo, komisi C meminta segera ada pemompaan air.

Namun jika debit air tetap tidak berkurang karena tumpahan air dari atas, maka perlu dicarikan solusi tercepat.

“Jangka dekat ini adalah penanganan sumber dari banjir. Apakah itu melakukan normalisasi sungai, atau melakukan pelebaran di saluran air yang menyempit,” tutur Damroni Chludori anggoa komisi C yang turut rapat bersama tiga dinas diatas. (Abidin)

recent tags

anggota dewan