Komisi C Desak Normalisasi Saluran di Bringinbendo, Rencana Sidak Lokasi Hari ini

Kota (sidoarjonews) –  Dianggap penyebab banjir, Saluran air di kawasan Bringinbendo, Kecamatan Taman akan dinormalisasi. Pasalnya saluran tersebut menyempit yang berdampak tak mampunya menampung tingginya curah hujan, hingga   terjadinya banjir di kawasan setempat.

Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Achmad Amir Aslichin mengatakan, pihaknya sudah membahas revitalisasi saluran di Bringinbendo dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) wilayah 8. BPJN siap menormalisasi saluran gorong-gorong di kawasan itu yang merupakan tanggungjawabnya.

Bahkan, dalam rapat kerja dengan Komisi C beberapa waktu  lalu, BPJN akan mengalokasikan anggaran untuk revitalisasi dimensi gorong-gorong tahun 2017.

Selain rapat dengan BPJN, Komisi C DPRD Sidoarjo juga menggelar rapat koordinasi dengan PT KAI Daerah Operasi (Daops) 8 di Surabaya. PT KAI juga siap untuk.menginventarisasi saluran jembatan KA di kawasan Kecamatan Taman yang ukurannya sempit. “PT KAI akan menginventarisasi saluran jembatan yang kecil dan menghambat laju air di kawasan Taman,” ujar Amir Aslichin.

Sama dengan BPJN, PT KAI Daops 8 juga akan segera membuat detailed Engineering Drawing (perencanaan) yang akan dianggarkan tahun ini. Selanjutnya revitalisasi jembatan KA akan dilakukan tahun depan.

Amir Aslichin menambahkan, pihak terkait akan melihat langsung kondisi saluran di kawasan Bringinbendo dekat Jalan Layang Trosobo. 

“BPJN, PT KAI Daops 8, Dinas PU Pengairan, Binamarga akan tinjau lapang untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya,” tandas politisi PKB ini.

Komisi C, lanjut Amir Aslichin memang minta saluran di Bringinbendo baik yang menjadi kewenangan BPJN atau PT KAI Daops 8 direvitalisasi. Dimensi saluran yang sempit diperlebar agar tidak menghambat saluran air.

recent tags

anggota dewan