Dorong Pengembangan Kawasan Pesisir Timur Sidoarjo

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Cepatnya pengembangan pesisir timur yang dilakukan Surabaya dengan jalur lingkar timurnya, hendaknya menjadi acuan Kabupaten Sidoarjo untuk turut serta memacu pengembangan kawasan pesisir timur.

Langkah awal yang bisa dilakukan, adalah dengan membuat jalur jalur jalan, yang bisa menyambung di kawasan pesisir timur antara Sidoarjo-Surabaya.

Dorongan ini disampaikan H Moh Taufiqulbar S Si, sekretaris DPC Partai Partai Bulan Kabupaten Sidoarjo, yang juga anggota komisi B DPRD Sidoarjo.

“Perkembangan pesisir timur Surabaya yang berbatasan dengan Sidoarjo sangat pesat. Dan ini harus menjadi perhatian Sidoarjo untuk turut mengimbangi pengembangan kawasan pesisir, agar perekonomian warganya di sana bisa menggeliat,” jelas Taufiq.

Kawasan pesisir di wilayah Sedati yang juga masuk dalam kawasan Airport city lanjut Taufiq, diharapkan akan bisa berkembang menjadi kawasan bisnis, industri, dan wisata.

Dan jalan pertama membuka itu, Kabupaten Sidoarjo harus pro aktif mengembangkan infrastrukturnya.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya juga sukses membangun jalur lingkar timur yang menghubungkan Kenjeran ke Rungkut. Nantinya lingkar timur itu akan tembus hingga Pondok Tjandra Sidoarjo.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Sidoarjo Ir Sulaksono ditemui terpisah mengaskan, Pemkab Sidoarjo saat ini sudah menyiapkan site plant pengembangan di wilayah pesisir timur.

Bahkan saat ini, pihaknya sudah mulai melakukan pemetaan lahan milik pengembang yang bisa digunakan sebagai jalan fasum di pesisir timur itu.

“Kita siapkan akses jalannya melalui fasum dari pengembang, dan Pemerintah pusat turut serta membangun secara fisik,” jelas Sulaksono.

Secara garis besar, kawasan pesisir timur itu lanjut Sulaksono, hanya bisa digunakan pengembangan kawasan bisnis dan industri.
Sedangkan untuk perumahan, terkendala mahalnya lahan dan kondisi wilayah yang sebagian besar lahan tambak. (Abidin)

recent tags

anggota dewan