Hearing Komisi A dengan warga Desa Wage

HUMAS SETWAN,Sidoarjo- Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo menggelar Hearing dengan warga desa Wage Kec. Taman terkait pengaduan dugaan penyalahgunaan kewenangan pemerintahan desa Wage. Hearing dihadiri oleh Pimpinan dan sebagian Anggota Komisi A beserta OPD terkait diantaranya   Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa, pemberdayaan perempuan dan anak, KB; Inspektorat; Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah dan Camat Taman  yang bertempat di ruang rapat komisi DPRD Kab. Sidorjo, pagi tadi (9/1).

Dalam hearing yang dipimpin oleh Ketua Komisi A, H. M. Taufiqul Bar, S.Si tersebut, Andik Kurniawan selaku koordinator warga Desa Wage menyampaikan dugaan warga tentang penyalahgunaan kewenangan Kepala Desa Wage dalam hal tidak adanya laporan keuangan atas sewa lapangan, Prona,  perubahan Musholla menjadi Masjid tanpa ada musyawarah, adanya penarikan pungutan sebesar 100 rb per orang sejak 16 Juni 2016 hingga Juni 2017 untuk Tanah Makam tanpa ada keterangan apapun.

“Kepala Desa sudah menyalahi aturan, maka harus ada surat teguran tertulis dari pemerintah Kabupaten. Mohon pihak inspektorat segera menerbitkan surat teguran tertulis kepada Kepala Desa Wage,” ujar Wisnu Pradopo. Dalam Hearing ini, Ketua Komisi A menyampaikan kesimpulan bahwa, “ Kepala Desa melaksanakan tugas tidak sesuai dengan aturan dan tidak transparan, tidak ada koordinasi antara Kepala Desa dengan BPD, permasalahan diserahkan kepada Inspektorat untuk menerbitkan surat teguran serta melaporkan kepada Komisi A dalam waktu 15 hari, “ kata M. Taufiqul bar.(diana)

recent tags

anggota dewan