Komisi A Pertanyakan Kesiapan E Voting

HUMAS SETWAN,Sidoarjo- Komisi A mempertanyakan persiapan Pemilihan Kepala Desa Serentak kepada Panitia Pilkades Serentak tingkat Kabupaten dalam rapat koordinasi persiapan panitia Pilkades serentak di ruang rapat Komisi DPRD Kabupaten Sidoarjo, Selasa(9/1).

Probo Agus Suwarno, selaku sekretaris Panitia Pilkades Serentak tingkat Kabupaten  menyampaikan Pilkades serentak akan dilaksanakan 25 Maret 2018 yang diikuti 70 Desa, 14 Desa sebagai pilot project E Voting berdasar Perbup No 86 Tahun 2017.  “Pilkades serentak baik yang E Voting maupun non E Voting sudah diumumkan pendaftaran bakal calon mulai tanggal 23 sampai 31 Desember 2017,”ungkapnya.  “Untuk Desa Kupang Kecamatan Jabon dikarenakan tidak ada yang mendaftar sebagai bakal calon, maka pengumuman ditambah menjadi 20 hari. Sedangkan desa yang bakal calon lebih dari 5 calon akan mengikuti ujian seleksi menggunakan sistem CAT (computer assisted test) di BKD untuk mengurangi kecurangan,”tambahnya.

Saiful Maali, selaku Wakil ketua Komisi A menanyakan kesiapan panitia Pilkades Kabupaten baik perangkat maupun sosialisasi pilkades serentak.

 “Warga desa terutama yang tinggal di pelosok masih bingung dengan E voting, kami minta panitia bersegera menyiapkan pilkades dengan sistem baru ini agar tidak ada kendala,”tambah Kusman. “apalagi terdapat 7.761 (14,40 %) warga dari 14 desa yang mengikuti e voting belum terekam e ktp. Padahal syarat bisa memilih dalam pilkades e voting, harus sudah  memiliki e KTP,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Probo menyampaikan akan mengadakan pelatihan teknis untuk panitia pilkades kabupaten pada 15-16 Januari 2018. “Dilanjutkan dengan konsolidasi sebelum simulasi desa pada tanggal 17-18 Januari 2018 antara tim teknis lapangan dengan UMSIDA (per desa 2 orang dan 1 pranata komputer),”ujar probo. “Kami merencanakan simulasi e voting tingkat desa hingga ke tingkat RW mulai tanggal 22 Januari 2018 hingga 28 Pebruari 2018,”tambah M. Machmud selaku wakil sekretaris panitia.

Sedangkan Drs. Medi Yulianto, M.Si menegaskan tentang  7.761 warga desa yang belum rekam e ktp, Dispendukcapil akan mengupayakan  untuk jemput bola kepada warga desa tersebut untuk rekam e ktp. (diana)

recent tags

anggota dewan