Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

RSUD Penuhi Kebutuhan Tempat Tidur

0 comments

SIDOARJO – Upaya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dalam memenuhi standar operasional prosedur (SOP) dari segi perlengkapan tempat tidur, hingga sekarang telah tercapai. Saat ini, RSUD Sidoarjo telah memiliki 647 tempat tidur yang sudah mampu menampung pasien rawat inap untuk semua kelas.

Humas RSUD Sidoarjo, Ahmad Zainuri, mengatakan, ketersediaan ratusan tempat tidur di kamar RS tersebut, sekaligus menjawab keraguan terhadap raport merah yang telah ditorehkan sebelumnya. Raport itu diberikan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Pemkab Sidoarjo dalam program pelayanan publik atas IKM (Indek Kepuasan Masyarakat) tahun 2010 terkait ketersediaan jumlah tempat tidur.

Menurut Zainuri, hasil yang diberikan dalam SOP yang tertuang dalam UU 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, menjelaskan bahwa standar tempat tidur untuk RSUD kelas B jumlah sekitar 300 hingga 500 tempat tidur. ‘’RSUD Sidoarjo telah menyediakan 647 tempat tidur. Jumlah tersebut telah melebihi standar di atas, mencapai  30 hingga 40 persen,’’ katanya.

Dia sempat mengungkapkan bahwa penilaian dalam IKM adalah tidak obyektif. Pada penilaian tersebut, katanya, pihak penilai melakukan monitoring pada bulan Juni, Juli, dan Agustus 2010.
Ditambahkan, pada bulan-bulan tersebut, RSUD memang sedang banyak pasien. ‘’Bulan tersebut
musimnya banyak penyakit. Banyak pasien yang nginap di RSUD,’’ jelasnya.

Data pasien yang tercatat pada bulan Juni 2010 sebanyak 469 orang. Jumlahnya bertambah pada bulan berikutnya mencapai 666 pasien, dan bulan Agustus 687 pasien. ‘’Memang pada pertengahan tahun itu, jumlah pasien membludak tidak sesuai kuota yang ada,’’ ucapnya.

S a a t   i n i ,   j u m l a h   t e m p a t   t i d u r sebanyak 647 tersebut telah meliputi kebutuhan seluruh kelas. Kelas utama sebanyak 23 temppat tidur, kelas VIP sebanyak sembilan, dan kelas Pavilliun sebanyak 22 tempat tidur. Untuk kelas 1 jumlahnya 129 tempat tidur, kelas 2 sebanyak 228 tempat tidur, dan kelas 3 sebanyak 236 tempat tidur.  ‘’Kita juga telah memberikan ruang dan tempat tidur yang lebih banyak untuk keter sediaan pas ien warga miskin,’’ imbuhnya.

(vga)


Beri Komentar