Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

SAMBUTAN KETUA DPRD KABUPATEN SIDOARJO PADA ACARA SOSIALISASI PEMAHAMAN PERUNDANG-UNDANGAN TENTANG TINDAK PIDANA KORUPSI DALAM RANGKA PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI KABUPATEN SIDOARJO

0 comments

ASSALAMU’ALAIKUM     WR.   WB

SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA

YANG SAYA HORMATI :

  • H.M. DAWUD BUDI SUTRISNO, SH, Mhum

    SDR. BUPATI  SIDOARJO ;

  • PARA PIMPINAN DPRD DAN SEGENAP ANGGOTA DPRD KABUPATEN SIDOARJO ;
  • SEGENAP ANGGOTA FORUM PIMPINAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO ;
  • PARA PIMPINAN SKPD DI LINGKUNGAN PEMKAB SIDOARJO ;
  • PIMPINAN PARTAI POLITIK SERTA HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.

Pada kesempatan yang baik ini dalam rangka Sosialisasi Program Kegiatan Pemahaman Peraturan Perundang-Undangan Tentang Tindak Pidana Korupsi, perkenankan saya mengajak hadirin sekalian untuk senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala atas segala nikmat yang diberikan berupa rahmat, taufik, hidayah serta inayahNya, sehingga kita semua masih diberikan kekuatan, keteguhan iman,  kesabaran,  keikhlasan   serta     kemampuan untuk menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa, negara serta masyarakat dengan penuh tanggungjawab.

Sholawat serta salam,  semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya,   Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa memberikan petunjuk, perlindungan serta kekuatan pada kita semua, sehingga mampu melewati berbagai masalah yang ada dalam menjalankan tugas pengabdian dengan sebaik-baiknya.

Perkenankan pula dalam forum ini,  saya atas nama Pimpinan dan Seluruh anggota DPRD serta Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo menyampaikan selamat datang  dan ucapan terima kasih serta penghargaan kepada seluruh komponen  yang sudah bekerja keras dalam penyelenggaraan acara Sosialisasi Program Kegiatan Pemahaman Perundang-Undangan Tentang Tindak Pidana Korupsi di gedung Dewan ini.

Hadirin Yang Saya Hormati ;

Korupsi masih merupakan permasalahan yang serius diIndonesia, karena korupsi sudah merebak di segala bidang dan sektor kehidupan masyarakat secara meluas, sistematis dan terorganisir. Korupsi sudah merupakan pelanggaran terhadap hak-hak sosial dan hak-hak ekonomi masyarakat. Korupsi menjadi penyebab timbulnya  krisis ekonomi,  merusak  system  hukum    dan  menghambat jalannya pemerintahan yang bersih dan demokratis.  Dengan kata lain, korupsi sudah menggoyahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.  Kondisi demikian diakui dan dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Hal ini juga dipertegas di dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, dan berpedoman pada ketentuan Inpres Nomor 17 Tahun  2011 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2012.

Mendasar pada ketentuan peraturan perundangan tersebut diatas,  saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh komponen penyelenggara pemerintahan,  memang kita harus extra berhati-hati di dalam  menjalankan setiap kegiatan yang dibiayai dari anggaran pemerintah baik bersumber dari APBD/APBN,  jangankan kita korupsi, kita salah prosedur saja padahal tidak ada kesengajaan melakukan korupsi/penyimpangan, namun secara hukum bisa berdampak dan bisa masuk dalam kategori tindak pidana korupsi,  disinilah pentingnya pemahaman  Peraturan Perundang-Undangan di dalam menjalankan setiap kegiatan termasuk pemahaman peraturan perundangan  yang  berkaitan   dengan  Tindak      Pidana Korupsi. Tidak terkecuali di DPRD ini, dengan begitu banyaknya kegiatan-kegiatan di DPRD, maka sekali lagi saya menghimbau kita harus sangat berhati-hati dalam melaksanakan setiap tugas dan kegiatan, cantolan dan landasan hukumnya harus jelas agar kita semua tidak  terjerebak dalam perbuatan Tindak Pidana Korupsi.

Oleh karena itu,  saya atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD serta Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo sangat mendukung dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Tindak Pidana Korupsi pada pagi hari ini, semoga kegiatan ini dapat membawa dan menciptakan Sidoarjo sebagai Kabupaten yang bersih dan berwibawa.

Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf.

WASSALAMU’ ALAIKUM      WR.    WB.

                                                                                                                            Sidoarjo,   19  Nopember   2012

                                    KETUA DPRD KABUPATEN SIDOARJO

                                                                                                      H. M. DAWUD BUDI SUTRISNO, SH.,M.Hum                                                              


Beri Komentar