Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Sidoarjo Pelaksana Program Baru Kemendiknas

0 comments

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menunjuk Sidoarjo sebagai perwakilan Jawa Timur (Jatim) untuk sekolah rintisan penerapan metodologi pembelajaran aktif berdasarkan nilai budaya dan karakter bangsa.

Menurut Kabid Pendidikan Menengah Dispendik Sidoarjo, Ani Kadarwati, penunjukan Kemendiknas tersebut dilayangkan melalui surat Kemendiknas perihal usulan sekolah rintisan Nomor : 420/3738/103.04/2010 tertanggal 17 Juni. “Untuk melaksanakan program Kemendiknas itu, sekolah yang dipilih akan mendapatkan monitoring pelatihan dan pendampingan serta pemantauan kurikulum dari Balitbang pusat,” ujarnya, Selasa (10/8).

Sidoarjo sendiri diwakili delapan sekolah dari jenjang PAUD hingga tingkat menengah. Masing-masing sekolah itu antara lain PAUD Batik Lemah Putro, SD Sedati Gede 2, SDN Kepuh Kiriman 1 Waru, SMPN 1 Tulangan, SMAN 4 Sidoarjo, SMKN 1 Sidoarjo, SLB Dharma Wanita, dan PKBM Pelita Tarik.

Nantinya, setiap pelatihan dan pengembangan nilai budaya dan karakter bangsa akan dimasukkan dalam silabus.”Setiap materi yang masuk akan dengan mudah diintegrasikan sebagai pembelajaran nilai budaya yang langsung dapat dipraktikkan,” terang Ani.

Sebagai langkah awal, Dispendik akan memberikan bantuan fisik untuk merehabilitasi toilet kepada delapan sekolah yang ditunjuk. Bantuan tersebut diharapkan akan menciptakan pola hidup dan lingkungan bersih di sekolah. “Tidak hanya ruang guru maupun kepala sekolah, tapi juga seluruh ruang sekolah yang bersih. Sekolah harus bersih, nyaman dan rapi,” ujarnya.

(Sumber : Koran Surabaya Post “m10″)


Beri Komentar