Pimpinan Sementara DPRD beserta Seluruh Jajaran Sekretariat DPRD Kab. Sidoarjo Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo Periode 2014-2019

Tempat Uji Kir Sidoarjo Tak Layak

2 comments

Kondisi Peralatan Uji Kendaraan di Dishub Yang Perlu Diremajakan

SIDOARJO – Tempat dan peralatan uji kir di Dinas Perhubungan Sidoarjo dinilai tak layak lagi. Lokasi yang sempit menyebabkan ratusan kendaraan selalu antre di luar areal uji kir sehingga menimbulkan kemacetan di Jalan Raya Candi. Selain itu, alat-alat uji kir yang ada juga sudah kurang memadai.

Untuk mengatasi antrean yang menimbulkan kemacetan, Pemkab Sidoarjo sendiri sudah menyediakan tempat di kawasan Lingkar Timur. Persoalannya, Dinas Perhubungan setempat tak memiliki anggaran yang memadai. “Biayanya sekitar Rp 10 miliar,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo, Husni Thamrin, Minggu (21/11).

Karena anggaran yang besar itulah, pihak Dishub berharap ada kucuran dana dari pemerintah pusat.  Karena tempatnya sudah tersedia, dana hibah dari pemerintah pusat diharapkan bisa berupa alat-alat uji kir,” katanya.

Sejauh ini lahan yang sudah disiapkan untuk tempat uji kir di kawasan Lingkar Timur masih mangkrak dan belum diapa-apakan. Lahan tersebut masih berupa tanah dan perlu diuruk lagi. Karena itu, dalam APBD 2011, pihaknya mengajukan anggaran untuk pengurukan lahan uji kir.  Sehingga ketika dana hibah dari pemerintah pusat berupa peralatan turun, tempatnya sudah siap.

Husni Thamrin meyakini, jika tempat uji kir sudah dipindah ke Lingkar Timur, pelayanan uji kir bisa maksimal. Selain areal yang cukup luas, juga akan didukung dengan peralatan yang memadai sesuai standar nasional. Selama ini peralatan uji kir milik Dishub Sidoarjo sudah kalah canggih dibanding peralatan uji kir milik daerah lain.

Kepala UPT Uji Kir Dishub Sidoarjo, Ali, mengatakan, dalam sehari ada sekitar 150 kendaraan yang menjalani uji kir.  Prosesnya lebih lama, karena untuk menghindari antrean panjang, pemilik kendaraan harus mendaftar dulu ke loket sebelum cek fisik. Karena itulah, uji kir di Dishub Sidoajro tak bisa sehari selesai.

Dalam rentang waktu enam  bulan masa berlaku uji kir, ada sekitar 24 ribu kendaraan yang melakukan uji kir di Dishub Sidoarjo dengan target pendapatan tahun 2010 sebesar Rp 1,7 miliar. Selain itu, pajak uji kir rencananya juga akan dinaikkan dalam raperda yang saat ini tengah dibahas di DPRD Sidoarjo.

Tarif uji kir saat ini dibagi menjadi dua kategori sesuai dengan Jumlah Berat Beban (JBB) yaitu yang kurang dari 3.500 kg dan yang lebih dari 3.500 kg (lihat tabel). Sementara untuk biaya uji kir kereta tempelan atau gandengan sebesar Rp 35 ribu dan biaya buku uji Rp 5 ribu. Dan untuk denda keterlambatan dalam sebulan Rp 10 ribu.

Rencananya,  pajak uji kir akan dinaikkan Rp 10 ribu baik bagi kendaraan JBB-nya di bawah 3.500 kilogram maupun yang di atas 3.500 kg. Sedangkan untuk kendaraan yang baru, uji kir untuk  JBB di bawah 3.500 kilogram dikenakan Rp 60 ribu dan JBB di atas 3.500 kg Rp 70 ribu.m9

TARIF UJI KIR DI DISHUB SIDOARJO

Jumlah Berat Beban          <3.500 kg                            >3.500

Tarif                                 Rp 30.000                            Rp 40.000

Rincian:

Jasa Uji                 Rp 24.000                            Rp 34.000

Tanda Uji                Rp   2.500                              Rp  2.500

Plat samping                Rp   3.500                              Rp  3.500

Sumber Dishub Pemkab Sidoarjo


  1. kepada

    Kahumas

    saya mau tambahkan komentar mengenai artikel diatas. peraturan untuk kir mobil di Sidoarjo yang mewajibkan pemilik asli yang harus Kir mobil sendiri tidak dapat dimengerti.

    Bagaimana jika pemilik mobil sedang berada di luar daera KIR, bagaimana dengan pemilik jasa angkutan yang mempunyai banyak unit, apakah harus di setir sendiri 1 per satu mobilnya.

    secara logika peraturan seperti itu tidak masuk diakal.

    HArap direview lagi untuk hal tersebut, saya pikir bila dokumen dari kepolisian sudah lengkap bisa saja diwakilkan dan pemilik asli tidak perlu harus datang sendiri .

    Terimakasih

    • Kepada :
      Sdr. Kukuh Fajar

      Terima kasih atas masukan dan informasinya terkait artikel berita yang telah kita upload, maasukan ini akan kami teruskan pada Komisi terkait untuk menjadi bahan kajian dalam hearing dengan Dinas terkait.

      Demikian atas kerjasama dan partisipasinya dalam forum website ini.

      Hormat kami,

      Setwan

Beri Komentar